Rabu, 22 Oktober 2014

Sering Selfie, Awas Tularkan Kutu Rambut



Marcy McQuillan, seorang ahli pengobatan kutu yang menjalankan dua pusat pengobatan kutu di California, mengatakan ia telah melihat peningkatan dramatis pada kasus rambut berkutu di kalangan anak muda.

Selfie atau self portrait menjadi fenomena yang merajalela belakangan ini. Fenomena selfie juga membuat para ahli Amerika Serikat memperingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan penularan kutu rambut, yang telah menyebabkan peningkatan kasus rambut berkutu di kalangan remaja muda.  

Menurutnya, hal ini disebabkan seringnya kontak kepala dengan kepala lain saat melakukan selfie. Dari setiap remaja yang pernah diobatinya, McQuillan bertanya mengenai kebiasaan selfie, dan pasiennya mengakui bahwa mereka melakukannya setiap hari.


“Kutu menyebar melalui kontak dari kepala ke kepala. Kutu tidak melompat atau terbang, sehingga kutu hanya bisa berpindah saat kepala mereka yang berkutu menyentuh kepala Anda,” tutur McQuillan, seperti dikutip Dailymail, Jumat (17/10/2014). Kutu kepala, juga dikenal sebagai pedikulosis capitis, adalah serangga kecil yang hidup di rambut manusia, yang tumbuh seukuran biji wijen. Mereka makan dengan menggigit kulit kepala dan menghisap darah.


Kutu betina bertelur dekat dengan akar rambut sehingga tetap terjaga dengan kehangatan kulit kepala. Telur menetas setelah 7 sampai 10 hari, dan tumbuh menjadi dewasa hanya dalam waktu 9 sampai 10 hari. Setelah menetas, kutu-kutu baru akan lebih banyak dihasilkan dan dapat terus berkembang biak. Ini tidak disebabkan oleh rambut kotor, karena semua jenis rambut dapat dihinggapi, tidak peduli seberapa panjang dan kondisinya.

Kutu menyebabkan kulit kepala seseorang gatal karena mereka alergi terhadap kutu. Namun, tidak semua orang alergi, sehingga ketika rasa gatal tidak disadari kutu tidak akan terdeteksi dan dapat terus bertambah banyak.

Untuk melindungi kepala dari perpindahan kutu, Marcy McQuillan menyarankan para penyuka selfie agar menjaga jarak kepala mereka selama mengambil foto selife dan menyarankan perempuan untuk mengikat rambut mereka.

0 komentar:

Posting Komentar